Penghalang Di Kabulkannya Do’a


Dalam kehidupan ini sering kita mendengar banyak orang yang mempertanyakan pada orang lain tentang keinginannya yang tak kunjung tercapai, padahal tak pernah luput dirinya memohon kepada Allah. Atau mungkin kita sendiri pernah mengalami hal tersebut secara sadar atau tidak , pertanyaan tersebut terlontar dari mulut kita…..

Ada sebuah cerita yang di kisahkan dalam kitab tanbihul gofilin, Ketika seorang datang berkunjung ketempat seorang yang arif dan mempertanyakan “ Aku telah berdo’a kepada Allah, akan tetapi do’a ku tidak dikabulkan oleh Allah, padahal Allah telah berfirman “ Ud’uuni astajib lakum”  -(Berdoalah kepadaKU, niscaya Aku perkenankan bagimu” QS Al mukmin : 60 ).

Lalu dijawablah pertanyaan itu oleh orang arif itu,” karena pada dirimu ada tujuh  hal yang menyebabkan do’amu tertahan” . Dia bertanya kembali ,“ Apakah ketujuh hal itu  ?”. Dia menjawab :

  1. Engkau melakukan perbuatan yang menyebabkan Allah murka dan tidak bertaubat serta menyesalinya.
  2. Engkau mengaku sebagai hamba Allah, tetapi tidak mengerjakan sebgaimana layaknya seorang hamba.
  3. Engkau membaca Al-Qur’an tetapi tidak memikirkan dan merenungkan kandungannya.
  4. Engkau mengaku Umat nabi Muhammad tetapi tidak mengamalkan sunnahnya. Artinya, engkau masih memakan makanan haram dan syubhat serta tidak mau bertaubat.
  5. Engkau mengatakan dunia itu disisi Allah tidak ada yang menyamainya, meski sekecil sayap nyamuk.Tapi engkau merasa puas dan tenang jika memilikinya.
  6. Engkau mengatakan, bahwa dunia ini akan sirna, tapi masih saja beramal seperti amalnya orang yang akan hidup kekal di dunia.
  7. Engkau mengatakan akhirat itu lebih baik daripada dunia, tapi tidak mau bersungguh sungguh mencarinya,  malah lebih memilih mencari dunia daripada akhirat.

Al- Faqqih (Abu laits as samarkandi ) mengatakan bahwa Orang yang berdo’a kepada Allah hendaknya bersih tubuhnya dari barang-barang yang haram, karena barang yang haram itu menjadi penghalang di kabulkannya do’a kita. Hal ini di landasi oleh sebuah hadist yang diriwayatkan dari Sa;d bib abi waqqash r.a, ia berkata : “ ya Rosullulah, saya berdo’a kepada Allah, namun Allah tidak mengabulkan do’aku “. Lalu Rosul bersabda :

“Ya sa’du, ijtanibi al- harooma fainn kulla bathnin dakhola fiihi luqmatun min haroomin laa yustajaabu du’aauhu arba’iina yauuman “

( Wahai sa’d, jauhilah perbuatan haram, karena seungguhnya setiap perut yang didalamnya terdapat sesuap makanan yang haram, maka do’anya tidak diterima selama 40 hari ).

Hendaknya juga orang yang berdo’a tidak terburu-buru, karena sebenarnya orang yang berdo’a pada Allah Kadang di kabulkan seketika atau adakalanya allah mengabulkannya dalam jangka waktu lama, atau bisa jadi sebenarnya telah di kabulkan Allah dalam bentuk yang lainnya , karena Allah maha tahu akan kebutuhan hambanya tapi yang berdo’a tidak menyadarinya. Atau do’anya tidak di kabulkan di dunia , tapi diganti kelak dengan pahala di akhirat. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada seorang muslim yang berdo’a melainkan akan disimpan untuknya diakhirat dan adakalanya digunakan untuk menghapus dosa-dosanya sesuai dengan kadar do’a yang ia ucapkan selama ia tidak berdo’a untuk perbuatan dosa atau memutuskan tali persaudaraan”.

Do’a yang tertahan adakalanya menjadi  sebuah ujian bagi manusia, yang menjadi sebab naik derajatnya di sisi allah SWT jika di lalui dengan sabar serta Tawaqal. Sebagaimana hadist Rosullullah MuhammadSAW yang di riwayatkan oleh Yazid Ar-raqqasi : “ idjaa ahabballoohu ‘abdan dhoroba wajhahu bilbalaa’I kamaa tudhrobu alghoriyybatu minaalibili ‘an hiyaadhi almaa’I fayakuunu marhuu man fii ahli assamaa’I “

( Apabila Allah mencintai seseorang, maka Allah akan menurunkan cobaan baginya, sebagaimana unta yang terasing dijauhkan dari air, agar ia di kasihi oleh penghuni langit ).  Wallahu ‘alam bishawab<<>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s