Lima Hal Yang Tidak Menghalangi Do’a


Abu Laits nashr bin Ibrahim as-samarqandi ( Abu Laits as-samarqandi ) dalam kitab tanbihul Ghafilin (nasehat bagi yang lalai) menuturkan dari ayahnya, dari Abu bakar Ibrahim dari salim bin abu muqatil al- Qadhi, dari Abu Ma’syar dari Muhammad bin ka’ab dari Abu hurairah r.a, barang siapa dikarunia lima hal maka ia tidak akan terhalang dari lima hal.

1. Barang siapa di karuniai syukur, maka ia tidak akan terhalang dari tambahan, karena allah telah berfirman : “ Lainsyakartum la’ajiidannakum….” . QS Ibrahim : 7 ( Sungguh jika kamu bersyukur, niscaya kami akan menambah (nikmat) kepadamu ).

 2. Barang siapa di karuniai kesabaran,  maka ia tidak akan terhalang dari pahala, karena allah berfirman : “ Innamaa yuwaffa shoobiruuna ajrohum bigghoiiri hisaabin”.  Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang di cukupkan pahala mereka tanpa batas ( QS Az-zumar :10)

3. Barang siapa dikarunia taubat, maka ia tidak akan terhalang dari penerimaan, karen allah telah berfirman, “ Wahuwalladjii yaqbalu attauubata ‘an ‘ibaadihi “. Dan Dia lah yang menerima taubat dari hamba-hambaNya  ( QS At-Taubah :104 ).

4. Barang siapa dikarunia istighfar, maka tidak akan terhalang dari ampunan, karena allah telah berfirman “ istaghfiruu robbakum innahu kaana ghoffaaron “. Mohonlah ampun kepada tuhanmu, sesungguhnya dia adalah maha pengampun (QS Nuh : 10 )

5. Barang siapa dikarunia Do’a, maka tidak akan terhalang dari dikabulkan, karena Allah telah berjannji “ud ‘uunii astajib lakum” . Berdo’alah kepadaKU, niscaya aku perkenankan bagimu “ ( QS Al- Mukmin : 60)

Dalam riwayat lainnya disebutkaan yang keenam, yakni Barang siapa yang bersedekah, maka ia tdak akan terhalang dari gantinya, Firman Allah “ wamaa anfaqtum min syaiin fahuwa yukhlifuhu “ dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya  QS Saba :39.

Lebih lanjut Abu laits as-samarqandi mengatakan apa yang dikatakan dari Muhammad bin Al- Fadhl dari Muhammad bin ja’far dari Ibrahim bin Yusuf dari Abu Muawiyah dari laits dari ziyad bin Al-mughirah dari Abu Hurairah , bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada seorang muslim yang berdo’a melainkan akan disimpan untuknya diakhirat dan adakalanya digunakan untuk menghapus dosa-dosanya sesuai dengan kadar do’a yang ia ucapkan selama ia tidak berdo’a untuk perbuatan dosa atau memutuskan tali persaudaraan”.

Juga diriwayatkan dari Yazid ar-raqqasi r.a, dia berkata “ nanti pada hari kiamat allah ta’ala akan memperlihatkan setiap do’a yang di panjatkan oleh setiap orang sewaktu di dunia yang tidak dikabulkan( di dunia ).  Allah berfirman, “ hai HambaKU, pada hari kamu memanjatkan do’a kepadaKU, namun aku tahan do’amu, maka inilah pahala sebagai pengganti do’amu itu. “ Orang yang berdo’a itu terus menerus diberi pahala, hingga ia berharap kiranya semua do’anya itu hanya dibalas di akhirat dan tidak diberikan di dunia.

An-nu’man bin basyir R.a meriwayatkan dari nabi Muhammad Saw : “ Do’a itu adalah ibadah. Kemudian beliau membaca firman Allah (QS AL – Mukmin : 60 ), yang artinya ) : “ Dan Tuhanmu berfirman, berdo’alah kepadaku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesunguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina “.

Juga diriwayatkan dari Al- Hasan AL – Bashri dari Nabi Muhammad SAW,beliau bersabda “ La yajaalul’abdu bikhoiirin maa lam yasta’zil qoluu wakayyfa yasta’zilu ya rosuulallaahi qoola yaquulu da’auutullaaha falam yastazib lii”. ( Seseorang itu senantiasa berada dalam kebaikan selama ia tidak tergesa-gesa. Para sahabat bertanya, “ Ya rosulullah, bagaimana seseorang itu tergesa-gesa ? Beliau menjawab “ ia mengatakan telah bero’a pada allah namun allah tidak mengabulkan”).<<>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s