MEMILIH SAHABAT


  Ketika Allah menciptakan Nabi adam sebagai manusia pertama dan berdiam diri disurga,Nabiallah Adam merasa kesepian dan tampak termenung,dengan sebab demikian maka Allah menciptakan pasangan seorang wanita sebagai dapat merasakan segala sesuatu. salah satu perasaan itu adalah sebagaimana yang dirasakan Nabi Allah Adam. kita butuh seseorang yang dapat menghibur dan berbagi rasa, serta mendukung segala aktivitaskita .

  Dalam ilmu sosiologi dikatakan bahwa manusia adalah mahluk sosial,yakni manusia yang tidak bisa berdir isendiri tanpa ada orang lain yang membantunya   sebagaimana hikmah Allah menciptakan manusia dengan beragam,    Firman      Allah SWT         : “telahku ciptakan  manusia bersuku dan berbangsa bangsa supaya mereka satu sama lain saling mengenal”.Lantas siapakah yang patut kita jadikan teman dalam hidup ini dan apa saja kriteria teman yang baik itu? sebagaimana yang dikatakan rosullullah SAW:

“Seseorang itu adalah mengikut agama temannya, oleh itu hendaklah seseorang itu meneliti siapa yang menjadi temannya. ” (Hadis riwayat Abu Daud).

  Apakah ciri-ciri seorang sahabat yang baik?

” Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya. ” (Hadis riwayat Muslim)
Nasihat yang boleh diikuti dalam membina persahabatan ialah sebagaimana pesanan al-Qamah (seorang sahabat Rasulullah SAW) kepada anaknya, “Wahai anakku, sekiranya engkau berasa perlu untuk bersahabat dengan seseorang, maka hendaklah engkau memilih orang yang sifatnya seperti berikut. ”:
1 – Pilihlah sahabat yang suka melindungi sahabatnya, dia adalah hiasan diri kita dan jika kita dalam kekurangan dia suka mencukupi.

2 – Pilihlah seorang sahabat yang apabila engkau mengulurkan tangan untuk memberikan jasa baik atau bantuanmu, dia suka menerima dengan rasa terharu, jikalau ia melihat kebaikan yang ada pada dirimu, dia suka menyebutnya .

3 – Pilihlah seorang sahabat yang apabila ia mengetahui ttg keburukkan dirimu ia berusaha utk tidak menyiarkannya (berusaha menutupinya).

4 – Pilihlah sahabat yang jika engkau meminta sesuatu darinya pasti ia memberi, jika engkau diam, dia lebih dulu menyapamu dan jika ada sesuatu kesukaran dan kesedihan yang menimpa dirimu, dia suka membantu dan meringankanmu serta menghiburmu.

5– Pilihlah sahabat yang apabila engkau mengemukakan sesuatu persoalan yang berat dia suka memberi solusi dan jika berselisih dengannya dia lebih suka mengalah .

Ali bin Abi Thalib r.a. berkata, “Sejahat-jahat teman ialah yang memaksa engkau bermuka-muka dan memaksa engkau meminta maaf atau selalu mencari alasan. ”<.>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s